Senin, 15 Maret 2010

Kancil Dan Monyet

Diposting oleh Muslikhah

Ketika Nenek masih hidup, dan aku masih di masa kanak-kanak, tapi sekarang nenek sudah tiada. Setiap malam sebelum tidur, nenek saya selalu menceritakan sebuah cerita, baik itu cerita sejarah atau dongeng tentang binatang. Nah kali ini, saya akan menceritakan kisah yang diceritakan nenekku yang masih tercatat dalam ingatanku, sebuah cerita tentang Kancil dengan Monyet. Nah penasaran seru yuch ... mari kita membaca cerita di bawah ini.


Suatu hari di sebuah hutan, ada banyak jenis binatang yang hidup dalam keharmonisan dan damai satu sama lain. Setiap binatang mempunyai kehidupan dan kegiatannya sendiri. Tapi ada satu binatang yang selalu membuat masalah dan sangat licik, namanya Kancil. Dengan kecerdikan akal dan kepandaian berbicara untuk menipu lawannya. Kancil dikenal sebagai binatang dengan sejuta tipu daya. Nah kali ini target monyet.
Pada suatu hari seekor Monyet sedang bergantung dan menikmati keteduhan di bawah pohon bambu. Bernyanyi, bersiul dengan tenang dan damai sambil menikmati sepotong kue. Datanglah Kancil, melihat monyet yang sedang asik menikmati sepotong kue. Akal licik kancil muncul untuk mengambil kue di tangan Monyet.

Kemudian Monyet menghampiri Kancil, serambi bertanya "Ada apa Cil? Kamu panggil aku."
Kancil: "Nyet .. Bisakah kamu memberi saya sedikit kue, sedikit saja."
Monyet: "Ya ... Cil .. aku kan baik hati kepada orang lain, ya ini separo kue,"
Kancil: "Terima kasih ya Nyet ... kau begitu baik, tapi aku saja yang memotong kuenya,"

Monyet memberikan kue untuk dipotong oleh Kancil tanpa sedikit pun kecurigaan terhadap Kancil. "Ini, kamu potong dengan adil .. Cil ," Monyet berkata sambil menyerahkan kue kepada Kancil.
Kancil dengan akal licik memotong kue, satu besar dan lainnya kecil tanpa sepengetahuan Monyet. Kemudian memberikan sebagian kecil ke Monyet sedangkan yang besar dipegang sendiri. "Cil ... mengapa besar punyamu?," tanya Monyet.
Kancil: "Sini berikan kepada ku, biar aku buat sama kuanya," dan Kancil makan sedikit kue yang dipegangnya, "Ini sama?."
Monyet: "Tidak Cil ... ini masih besar punyaku,"
Kancil mengambil kue dari tangan Monyet dan makan kue Monyet sedikit, dan seterusnya sampai kue itu habis dimakan Kancil.
Akhirnya Kancil makan semua kue sementara Monyet hanya mendapat kesal karena tidak mendapatkan kue miliknya sendiri. Sejak saat itu Monyet membenci Kancil. Nah itu tadi sedikit cerita tentang kecerdikan yang dibuat Kancil. Terima kasih telah membaca cerita ini semoga berguna.

Photobucket

2 komentar:

health-info-only mengatakan...

pertamax !! banyak cerita2 lucu yah disini, keep blogging deh, lam kenal

M.ANNAS AL-KAMIL mengatakan...

ada ndak ceritanya kancil yang lebih dari 700 kata....??
kalau ada blh ditulisin ndak...??
trima kasih,
ohya ceritanya bagus tapi terlalu pendek tidak memuaskan...

Posting Komentar